Berbagai Jenis Gitar Bass Sesuai dengan Senarnya

Ada berbagai macam jenis gitar bass, ada yang sesuai dengan bentuknya, ada pula yang sesuai dengan fungsinya. Namun bagaimana jika sesuai dengan senarnya? Para pemain gitar bass mungkin sudah mengetahui bila 4 dari 12 senar gitar bass semua memiliki fungsi yang berbeda-beda. Inilah alasan mengapa gitar bass mempunyai penambahan dari yang umumnya 4 senar.

Senar menjadi elemen yang sangat penting di sebuah alat musik, entah akustik atau pun elektrik. Tanpa senar, gitar bass tentu saja tidak akan mengeluarkan bunyi dan tak dapat dimainkan. Fungsi senar yang begitu krusial ini karena dengan menggunakan senar, karakter suara akan ditentukan, mirip dengan gitar.

Jenis Gitar Bass Menurut Jumlah Senarnya

jenis gitar bass
jenis gitar bass 12 senar

Pertama, gitar bass 4 senar. Jenis ini paling umum digunakan oleh pemain bass. Gitar bass dengan jumlah senar 4 menjadi jenis yang paling standar serta memiliki konfigurasi tuning dari rendah ke tinggi. Kedua, gitar bass 5 senar, gitar bass ini sebenarnya mirip dengan versi standar, namun terdapat tambahan senar B rendah di atas senar nomor 4. Biasanya, jenis ini digunakan untuk menjangkau nada yang lebih rendah.

Berikutnya, gitar bass 6 senar. Mirip dengan 5 senar, namun terdapat tambahan senar C tinggi di sini. Biasanya, gitar bass 6 senar ini digunakan untuk menjangkau nada lebih tinggi serta lebih rendah dibandingkan dengan gitar bass standar. Keempat, gitar bass 7 senar. Jika bass 6 senar saja mungkin jarang dijumpai, gitar bass 7 senar mungkin akan lebih jarang lagi Anda temui. Fungsi gitar ini sebenarnya sama dengan bass 6 senar.

Selanjutnya, gitar bass 8 senar. Jenis gitar bass ini memiliki konfigurasi tuning yang mirip dengan standar 4 senar, namun di tiap-tiap senarnya digandakan dengan senar yang memiliki oktaf satu tingkat lebih tinggi. Ada pula gitar bass 10 senar, gitar bass ini memiliki konfigurasi standar 5 senar. Akan tetapi di tiap senarnya digandakan dengan senar yang oktafnya satu tingkat lebih tinggi.

Jenis Gitar Bass Berdasarkan Senar

jenis gitar bass
jenis gitar bass 4 senar

Pertama, bahan pembuat. Biasanya, bahan utama pembuat senar bass ialah nickel dan stainless, dua bahan ini mempunyai suara treble yang begitu lantang. Tetapi jika dilihat dari tingkat kejernihan suara, bahan stainless steel tentu saja jauh lebih nyaring. Selain itu, di dalam perkembangannya, produsen banyak melakukan eksperimen dengan membuat senar dari campuran logam.

Kedua, berdasarkan lilitan senar. Ada beberapa jenis senar gitar bass berdasarkan dengan lilitan yakni roundwound yang memiliki tekstur rata, ada pula flatwound yang menggunakan kawat pipih, berikutnya ada goundwound dengan kawat yang lebih pipih dengan karakter suara smooth, ada pula nylon tapewound, yang menggunakan benang nylon. Semua itu bisa Anda sesuaikan dengan jenis gitar bass yang Anda gunakan dan kebutuhan Anda.

Ketiga, jenis senar berdasarkan pada lapisan. Biasanya, setiap produsen dari gitar bass mempunyai varian senar dengan lapisan tipis pelindung senar. Fungsi utama yang dimilikinya adalah menjaga agar senar bas bisa lebih tahan lama. Senar yang menggunakan coating biasanya memberikan warna suara yang berbeda dengan senar tanpa pelindung.

Keempat, jenis senar berdasarkan pada ukuran. Jika semakin besar ukuran dari senar gitar bass akan semakin keras pula tensionnya serta tenaga yang diperlukan. Untuk ukuran senar, Anda harus memperhatikan tuning yang dipergunakan. Ukuran besar dapat dipertimbangkan bila Anda menggunakan tuning rendah.

Jenis senar pada gitar bass memang harus diketahui, khususnya jika Anda merupakan pemain bass, agar kedepannya tidak salah saat melakukan pembelian dan cocok untuk memainkan lagu yang ingin dimainkan. Selain itu pastikan senar gitar bass yang Anda beli memiliki kualitas yang baik dan tidak mudah putus. Sebagai pemain musik, terutama pemain bass Anda harus memahami Berbagai jenis gitar bass dan senarnya agar dapat bermain dengan baik.