Jenis Gitar Ukulele yang Harus Diketahui Sebelum Membeli

Berbagai jenis gitar ukulele mungkin sudah sering Anda dengar. Ukulele pada dasarnya menjadi keluarga dari string instrument yang memiliki 4 buah senar. Jika dilihat dari bentuknya, memang alat musik ini seperti gitar kecil yang berbeda dengan gitar sebenarnya mempunyai tuning.

Ukuran gitar ukulele cukup kecil serta mudah dibawa menjadi salah satu keunggulan yang dimilikinya, bila dibandingkan dengan jenis alat musik lain seperti gitar atau bahkan piano. Namun ternyata gitar ukulele dibagi menjadi beberapa jenis serta memiliki harga berbeda-beda. Inilah membuat kita kadang sulit untuk melakukan pemilihan.

Perhatikan Hal ini Saat Membeli Gitar Ukulele

jenis gitar ukulele

Ketika akan membeli jenis gitar ukulele, ada beberapa hal harus diperhatikan terlebih dahulu. Pertama, untuk gitar ukulele 4 senar. Biasanya, gitar ukulele 4 senar terbuat dari kombinasi kayu. Selain itu, bagian atas dibuat dari kayu meranti, sedangkan untuk bagian dalamnya berasal dari kayu sengon.

Kedua, ciri gitar ukulele berkualitas. Gitar ukulele memiliki kualitas baik biasanya dibuat dari kayu sengon dan mahoni. Bila melihat bagian kepala, Anda akan menemukan string aquila serta gold plate. Selain itu, Anda juga dapat memilih warna sesuai dengan selera, sehingga Anda semakin semangat saat memainkannya sambil bermain poker uang asli .

Ketiga, gitar terbaru ukulele. Gitar ukulele dengan model terbaru adalah gitar kecil memiliki 4 senar serta bodi yang dibuat dari plywood meranti. Biasanya kayu sengon digunakan untuk putaran stemnya. Walaupun gitar ukulele memiliki ukuran kecil, suara yang dihasilkannya begitu indah karena menggunakan nilon berkualitas.

Berbagai Jenis Gitar Ukulele

jenis gitar ukulele

Pertama, gitar ukulele soprano. Ukuran gitar ukulele ini bahkan menjadi paling kecil. Karena ukuran gitar ukulele ini begitu kecil, tipe ini begitu mudah dibawa kemana saja. Gitar ukulele soprano cocok bagi Anda yang memiliki jari tangan kecil. Bila dibandingkan dengan jenis lain, gitar ukulele ini sangat cocok digunakan bagi Anda yang baru mulai belajar.

Kedua, gitar ukulele concert. Jenis ini mempunyai fingerboard jauh lebih sedikit, bila dibandingkan dengan jenis saprano. Perbedaan keduanya memang tak begitu banyak, kurang lebih hanya 3 cm saja. Karena ukurannya tidak berbeda jauh, suara yang dimilikinya pun hampir sama. Gitar ukulele ini menjadi pilihan terbaik bagi Anda memiliki jari tangan besar.

Ketiga,tenor. Jika Anda ingin memainkan gitar ukulele dengan area lebih luas, jenis ini sangat pas dijadikan sebagai pilihan. Ukuran badan tenor cukup besar akan membuat gitar ukulele ini menghasilkan suara kuat. Ukuran fingerboardnya sebesar 43 cm bisa membuat Anda memainkan pitch dengan sangat stabil.

Keempat, gitar ukulele baritone. Gitar jenis ini mempunyai tuning sangat mirip dengan alat musik gitar. Tipe gitar ukulele ini paling sedikit dimainkan bila dibandingkan dengan gitar ukulele lainnya. Awalnya gitar ukulele ini memiliki fungsi bass di dalam susunan ukulele, tetapi dengan hadirnya bass, jenis ini seperti menjadi penengah keduanya.

Sebelum Anda menggunakan gitar ukulele ini, Anda juga harus mengetahui seperti apa cara melakukan tuning senar gitar ukulele. Karena pengaturan tuning senar ini beda dengan gitar biasa. Kemudian untuk jenis ukulele berbeda tentu saja mempunyai tuning berbeda pula.