Kenali Sejarah Musik Barat yang Menarik Untuk Diketahui

Bagi Anda yang ingin mengetahui sejarah musik barat akan dibagi dalam beberapa periode. Kami akan menjelaskan mengenai zaman dimana berkembangnya musik barat di dunia. Sebuah musik tidak bisa dibuat dengan asal-asalan. Tentunya pembuatan musik dilakukan oleh orang profesional yang sudah mengetahui cara serta teknik dalam membuat musik.

Dalam perkembangannya, musik barat bisa dikatakan berkembang secara cepat. Anda akan mudah menemui banyak musik barat di era sekarang. Karena musik barat dapat menguasai beberapa wilayah besar di dunia, termasuk Indonesia. Musik barat juga bisa menghadirkan manfaat luar biasa bagi pendengarnya. Langsung saja masuk dalam topik utama pembahasan ini.

Periodisasi pertama melalui zaman kuno. Pada zaman ini, musik belum mengenal apa itu alat musik. Keadaan ini membuat hanya ada musik yang berbentuk melodi, dinyanyikan menggunakan suara manusia. Jadi dalam zaman ini musik hanya vocal saja tanpa adanya instrumen atau iringan alat musik lainnya seperti saat ini.

Periodisasi Perkembangan Musik Barat

Sejarah musik barat
Sejarah musik barat

Pada zaman kuno, musik cenderung dimanfaatkan untuk acara gereja. Digunakannya alat-alat musik dapat mengganggu suasana ibadah di dalam suatu gereja. Lagu-lagu gregorian bersifat sakral dinyanyikan tanpa iringan lagu. Lagu ini mampu memberikan suasana tenang, serta memiliki ritme lagu yang fleksibel. Musik ini berkembang dengan improvisasi sendiri.

Periode kedua dalam sejarah musik barat adalah zaman renaisans. Ciri khusus yang dimiliki oleh karya musik di zaman renaisans yaitu kejernihan dan keseimbangan suara. Ini dipengaruhi dari ruangan gereja yang cenderung besar dan kedap suara. Ciri lain ada di ritme, melodi, tekstur, dan pola. Tokohnya antara lain Giovanni Gabrielli dll.

Selanjutnya periode ketiga adalah masuk pada zaman barok. Di zaman ini sudah dimulai dari abad 16. Ciri utamanya adalah pada media penyajiannya berkembang sangat pesat. Mulai dikenalnya alat seperti flute, keyboard, dsb. Ritmenya tampak monoton karena kebanyakan memakai satu tempo. Lalu ada melodi yang sangat menarik di zaman barok.

Melodi ini terus mengalir, menggunakan teknik repetisi dan teknik modif dari ciri khas aslinya. Tekstur yang digunakan dalam bentuk homoponi, tetapi seiring berjalannya waktu sudah memakai sonoritas dan kontrapung. Pola seperti passion, fantasia, dsb masih digunakan di zaman barok. Tokoh yang terkenal ada Johan S.Bach, Jean Lully, George Frederick Handel.

Musik Pada Zaman Klasik Kebudayaan Romawi

Sejarah musik barat
Sejarah musik barat

Zaman klasik dalam sejarah musik barat merupakan kemegahan dari kebudayaan Yunani. Di zaman ini orang-orang sudah menggunakan dengan tinggi akalnya. Bentuknya musik kamar menjadi bentuk sonata. Teksturnya masih homopon, melodinya kompak, harmoni kurang kompleks, dan improvisasi disini sudah mulai hilang. Tokoh terkenal ada Beethoven, Wolfgang Mozart, dan Joseph Haydn.

Lalu melalui zaman romantik, disini musik dititik-beratkan pada pemanfaatan ritmik, melodi, timbre, dan harmoni. Karya musik pada zaman ini mengutamakan karakteristik dramatis dan emosional seperti judi dadu online. Melodi dipengaruhi oleh gaya sebuah pembuatan melodi instrumen. Teksturnya dikembangkan di akor-akor disonan, ornamen. Polanya musik rhapsodi serta usaha musikalisasi puisi.

Terakhir ada zaman impressionisme, karya musik pada zaman ini ditandai dengan penggunaan akor-akor disonan dianggap menyimpang dari kaidah di masyarakat. Dalam penyajiannya, zaman ini menggunakan alat musik klarinet dan flute untuk suara rendah, sedangkan untuk violin suara tinggi. Ritme menggunakan akor-akor sembilan, melodi menggunakan tangga nada.

Dalam perkembangannya musik barat di dunia, tentunya dipengaruhi banyak faktor seperti kebudayaan setempat, peraturan di daerah tertentu, alat musik baru, serta faktor lain yang dapat mendorong terjadinya zaman periodisasi. Inilah mengapa sejarah musik barat harus dipelajari karena sangat bermanfaat, agar Anda semua bisa mengetahui asal-usulnya secara gamblang.