Macam-macam Jenis Gitar yang Masih Dipakai Oleh Banyak Orang

Dalam bermain sebuah musik, Anda tentunya mengetahui macam-macam jenis gitar yang digunakan di sebuah pertunjukan musik. Gitar merupakan sebuah alat musik instrumen pengiring paling populer di dunia. Dimainkan secara dipetik, menggunakan senar atau dawai dari nilon, dan string. Dalam penggunaannya, gitar mempunyai dua bagian utama.

Bagian utama ini terdiri atas body dan neck. Body sebagai penghasil suara resonansi dan leher menjadi tempat untuk menaruh dawai. Leher di gitar berbentuk panjang. Gitar dibuat dengan bahan kayu, tetapi ada beberapa gitar modern berbahan polikarbonat. Tipe gitar ada empat, yaitu gitar elektrik, akustik, bass, dan gitar mini.

macam-macam jenis gitar
macam-macam jenis gitar

Keempat tipe tadi dibagi lagi menjadi 18 macam gitar. Jenis gitar akustik ini ada enam macam, yakni classical, flamenco, steel, 12 string, resonator dan steel string. Maka, Anda sebaiknya ketahui semua jenis gitar akustik diatas, supaya dapat membantu Anda menguasai dalam bermain gitar akustik sampai menjadi pro guitaris.

Jenis Gitar Akustik yang Ada di Dunia

Pertama ada gitar klasik, yaitu gitar yang sering disebut dengan gitar Spanyol. Ya, gitar ini berasal dari negara Spanyol. Biasanya gitar ini memiliki ukuran lebih kecil dari gitar akustik yang memakai senar biasa. Gitar ini mempunyai leher yang lebih lebar, menggunakan senar nilon bukan baja, cocok dimainkan dalam musik klasik.

Macam-macam jenis gitar akustik selanjutnya ada flamenco, gitar ini menggunakan senar nilon seperti gitar klasik. Gitar ini terbuat dari bahan yaitu kain dari Spanyol, serta rosewood dibagian belakang dan samping gitar. Teknik memetik gitar biasa disebut dengan toque. Kemudian gitar baja, mempunyai bobot lebih berat daripada gitar biasanya.

jenis gitar akustik
jenis gitar akustik

Ada beberapa jenis yang ada dalam gitar listrik. Gitar listrik merupakan gitar yang paling dicari dimana-mana. Karena gitar ini bisa digunakan dengan mudah dan serbaguna. Dalam gitar listrik bisa memainkan musik seperti jazz, blues, rock, indie, metal, dsb. Pertama jenisnya ada solid body guitar.

Kemudian ada gitar semi akustik. Gitar ini terlihat seperti gitar listrik berbodi padat. Suaranya nyaring, jadi tidak perlu amplifier saat Anda bermain di ruangan kecil.  Lalu ada gitar elektrik akustik, gitar ini bisa terdengar sangat bagus ketika sudah dipasang dan dimainkan secara alami di pertunjukan musik, lalu ada juga gitar archtop.

Jenis Gitar Bass yang Terkenal

Macam-macam jenis gitar bass ini menggunakan dawai ukuran besar seperti biola. Nada rendah dan dalam, gitar bass dapat menjadi pelengkap saat bermain sebuah musik. Ada banyak macam tipe dalam gitar bass, yaitu bass elektrik, bass semi akustik, bass akustik elektrik, dan terakhir ada bass akustik.

Kemudian ada beberapa jenis gitar mini yang bisa dimainkan dalam pertunjukan musik. Alasan penggunaan gitar kecil ini tidak lain adalah untuk orang yang suka berpergian dan bermain poker di https://agenpoker899.com, karena gitar mini bisa dengan mudah dibawa kemana-mana. Seperti ukulele contohnya, ditemuan sekitar tahun 1879 di Hawaii.

Jenis Gitar Bass
Jenis Gitar Bass

Beberapa jenis gitar kecil atau mini diantaranya adalah gitar tenor, gitar parlor, gitar akustik mini, dan terakhir ada gitar traveler. Dari bermacam jenis gitar mini diatas, tentu ada kelebihan dan kekurangan masing-masing. Tetapi itu semua tergantung pada penggunaan diri Anda pribadi dalam memainkan alat musik tersebut.

Pasti dari jenis-jenis gitar diatas semua memiliki fungsinya berbeda-beda. Karakteristik dari setiap gitar juga berbeda tergantung dari tujuan pembuatannya. Ketika Anda sudah memahami banyak jenis gitar di dunia, dari macam-macam jenis gitar diatas, gitar yang paling sering digunakan adalah gitar akustik, listrik, dan gitar mini.