Perkembangan Musik Keroncong Saat Ini di Indonesia

Dalam perkembangan musik keroncong saat ini sangat disayangkan beberapa penikmatnya sudah menurun dari tahun ke tahun. Bahkan ada orang di sekitar kita yang masih sangat asing saat mendengar tentang musik keroncong. Musik keroncong awalnya berasal dari bangsa Portugis namun  tumbuh dari Indonesia.

Jika kita melihat jauh kebelakang mengenai sejarah munculnya musik keroncong, Anda akan tahu bagaimana musik ini bisa tumbuh dan berkembang di kalangan http://45.76.182.188 masyarakat Indonesia. Kami akan membahas ulasan diatas dengan detail dan rinci. Pastikan Anda membaca pembahasan ini sampai selesai, mari simak langsung topik pembahasan kita.

Pada awal mula asal datangnya musik keroncong di Indonesia dibawa para pelaut kapal dari Portugis. Musik ini sudah masuk di wilayah Indonesia sejak awal abad ke-16. Keroncong merupakan musik perpaduan antara musik barat dan musik timur yang dijadikan menjadi satu, lalu diberi nama musik keroncong.

Asal Mula Musik Keroncong di Indonesia

perkembangan musik keroncong saat ini
perkembangan musik keroncong saat ini

Pertama kali musik ini mulai masuk di wilayah Indonesia melalui Malaka. Saat itu sedang terjadi melemahnya masa jaya dari Portugis di Indonesia. Musik ini tidak menghilang secara begitu saja. Orang di wilayah Maluku saat itu sudah mulai menerima musik keroncong dan menikmatinya di daerah asal tersebut.

Dalam perkembangan musik keroncong saat ini, musik keroncong sekarang ini sudah dimasukkan dengan bermacam jenus unsur nusantara. Seperti menggunakan alat musik yaitu gamelan, seruling, dsb. Musik keroncong mulai dikenal di seluruh wilayah Indonesia, namun akhirnya meredup di sekitar tahun 1970. Ini membuat musik keroncong tidak bisa berkarya lebih banyak lagi.

Kembali meredupnya musik keroncong dimulai saat munculnya musik pop dan rock. The Beatles merupakan faktor cepatnya tersebarnya musik pop ke seluruh negara di dunia, termasuk juga Indonesia. Musik keroncong diadaptasi dari musik jenis fado yang dibawa Portugis sekitar abad yang ke-16.

Perubahan awal yang terjadi saat pertama, musik jenis ini muncul ke Indonesia yaitu nada-nada yang digunakan. Musik keroncong mulai dikenal dan tumbuh pada sekitar tahun 1880, dimana orang-orang sangat berantusias menyambut musik ini. Musik fado awalnya banyak dimainkan dengan nada minor karena pengaruh Arab yang pernah menduduki Portugis.

Perkembangan Musik Keroncong di Indonesia

perkembangan musik keroncong saat ini
perkembangan musik keroncong saat ini

Keroncong diketahui lahir pada tahun 1880. Perkembangan musik keroncong saat ini sudah sangat pesat dibanding awal masuknya fado di abad ke-16. Kehadiran fado menjadi akar dari munculnya musik keroncong. Tetapi ini hanya sekedar menjadi akar yang akan mempengaruhi dalam munculnya musik keroncong di Indonesia.

Pada tahun 1880 itulah musik keroncong mulai dikenal serta menjadi ciri khas serta identitas musik dari negara Indonesia. Itu karena semua alat musik yang digunakan menggunakan  alat musik kaitannya dengan budaya Indonesia. Alat musik yang digunakan seperti suling bambu, rebab, siter, dan peralatan gamelan.

Musik keroncong sudah melewati empat fase, pertama kali dari keroncong tempoe doeloe di tahun 1880-1920. Fase kedua ada keroncong abadi dari tahun 1920 sampai 1960. Keroncong modern berkembang dari tahun 1960-2000. Kemudian sekarang ada keroncong millennium dari tahun 2002 hingga saat ini.  Musik keroncong ini masih diperjuangkan oleh beberapa musisi.

Diperjuangkannya musik keroncong membuat musik ini supaya tidak tertinggal oleh jenis-jenis musik lainnya. Musisi terkenal diantaranya ada Bram Aceh, Waljinah, Mus Mulyadi Gesang, dan Bondan Prakoso serta masih banyak lainnya. Perkembangan musik keroncong saat ini menuai hasil bagus, karena bisa mengajak anak muda untuk mendengarkan musik keroncong.