Pilihan Gitar Akustik Terbaik untuk Pemula dan Cara Memilihnya

Ketika dijatuhi pilihan gitar akustik dan harus memilih pada saat itu juga tentu saja bukan menjadi pilihan yang mudah. Ada berbagai macam hal yang harus diperhatikan sebelum membeli gitar yang sesuai dengan keinginan serta kebutuhan. Lebih-lebih jika Anda merupakan pemain gitar pemula. Bila Anda masih berstatus sebagai pemula, pasti akan kesulitan memilih gitar yang berkualitas.

Sebenarnya, kualitas gitar akustik bisa terlihat dari bentuk, tuning dan yang lainnya. Namun bila Anda memiliki kemampuan dalam bermain gitar, tentu saja dapat menilai mana gitar akustik yang bagus dan yang kurang bagus. Jika Anda merupakan gitaris pemula, berikut beberapa cara untuk membedakan gitar berkualitas bagus dan kurang bagus.

Tips Membedakan Kualitas Gitar Akustik

Pertama, tulang sisi gitar. Ketika dihadapkan pada beberapa pilihan gitar akustik, Anda bisa melihat bagian tulangan di sisi gitar. Gitar yang bagus memiliki tulang warna putih di bagian body. Tulang ini mengelilingi badan depan serta belakang gitar akustik. Tulang ini digunakan untuk menahan ketika gitar terjatuh. Bila badan gitar tak memiliki tulang, gitar mungkin tak bisa bertahan lama.

Membedakan Kualitas Gitar Akustik
Membedakan Kualitas Gitar Akustik

Kedua, kualitas kayu. Kualitas kayu juga bisa dijadikan sebagai faktor penentu kualitas gitar akustik. Biasanya, gitar yang berkualitas bagus dibuat dari kayu jati dan kayu mahoni. Selain itu gitar yang bagus biasanya tidak begitu berat dan tidak begitu ringan. Sehingga bisa dikatakan jika bobotnya tak terlalu berat dan ringan. Jika Anda ingin membeli gitar, usahakan membawa teman yang hobi bermain kiu kiu online akan mengetahui seluk baluk dari alat musik ini.

Ketiga, cek leher gitar. Suara gitar tentu saja juga dipengaruhi oleh leher gitar. Bila leher gitar miring atau bengkok, hal ini dapat mempengaruhi kualitas suara. Cara yang paling tepat untuk melihat miring atau tidaknya leher gitar, yaitu dengan memposisikan ekor gitar tepat di depan mata layaknya teropong dan melihat dengan jelas apakah terdapat bengkokan.

Keempat, melihat posisi senar. Jika Anda sudah melihat seperti apa bentuk leher hingga kepala gitar akustik. Anda bisa melihat senar gitar di posisi samping, apakah senar tersebut meregang begitu tinggi atau tetap normal dari ujung kepala hingga ekor gitar? Biasanya, gitar yang tidak begitu bagus bisa terlihat dari ujung kepala senar hingga ujung ekornya.

Pilihan Gitar Akustik yang Pas untuk Pemula

Urutan pertama, Yamaha APX500II. Jika Anda masih belajar bermain gitar namun ingin memegang gitar yang berkualitas Yamaha APX500II bisa menjadi pilihan. Yamaha APX500II merupakan gitar akustik elektrik yang sudah disempurnakan. Yamaha APX500II bahkan menjadi gitar paling lairs. Gitar akustik Yamaha APX500II memiliki bodi begitu ramping sehingga sangat pas untuk pemula.

Gitar Akustik yang Pas untuk Pemula
Gitar Akustik yang Pas untuk Pemula

Kedua, Yamaha F310. Yamaha F310 juga terkenal sebagai gitar yang memiliki kualitas tinggi, namun di banderol dengan harga terjangkau. Bila dibandingkan dengan pilihan gitar akustik sejenis bermerek lain, Yamaha F310 sepertinya akan menjadi pemenangnya. Gitar ini begitu direkomendasikan jika Anda hanya memiliki budget terbatas.

Berikutnya, Ron Emory. Apakah Anda menyukai gitar akustik yang memiliki bentuk klasik seperti jaman dahulu? Bila demikian, Ron Emory bisa dijadikan pilihan. Gitar ini memiliki gaya jaman dulu. Di bagian permukaannya, Ron Emory menggunakan kayu pruce, dan di bagian depan belakang menggunakan kayu mahoni.

Mudah atau sulit dalam memilih gitar akustik bergantung dari diri Anda sendiri, jika Anda memiliki budget yang cukup untuk membeli gitar akustik ini, tentu saja akan sangat mudah dalam memilihnya. Pilih gitar yang sesuai dengan kriteria Anda dan tentukan pilihan gitar akustik dengan sebaik mungkin.